5 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Untuk Karyawan

Saat ini di Indonesia semakin banyak variasi pekerjaan sampingan yang menjajikan. Dimulai pada masa pandemi, banyak perusahaan memberlakukan Work From Home untuk kayawannya. Sebagai karyawan yang WFH, banyak juga yang mengambil pekerjaan sampingan disela-sela kesibukannya sebagai karyawan. Hal itu terjadi hingga sekarang walaupun saat ini sudah diberlakukan Work From Office. Apalagi saat ini era digital semakin berkembang pesat. Nah untuk itu peluang mendapat pekerjaan sampingan sangat tinggi. Berikut 5 rekomendasi pekerjaan sampingan untuk karyawan yang bisa kamu coba.

  1.  Desainer Grafis
    Tidak semua orang memiliki keahlian desain grafis, jadi tidak heran apabila pekerjaan ini dihargai cukup tinggi. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang senang menggambar dan memiliki kemampuan desain grafis serta beberapa tool seperti Adobe Photosop, Canva, Adobe Illustrator, Corel Draw. Banyak pekerjaan freelance sebagai desain grafis yang dapat kamu ambil sebagai pekerjaan sampingan. Selain untuk mendapat income tambahan, kamu juga bisa mengeksplor dan meningkatkan keahlian.
  2. Web Designer
    Sebagai web designer kamu harus bisa merancang sebuah website yang interaktif dan user friendly. Kemampuan HTML, Javascript dan CSS harus kamu kuasai dengan baik. Selain itu kamu juga dituntut untuk bisa menguasai beberapa tools desain grafis agar website yang kamu buat lebih menarik. Sehingga tak heran apabila web designer adalah pekerjaan yang memiliki pendapatan yang tinggi.
  3. Content Creator
    Content Creator atau pembuat konten merupakan rekomendasi yang bagus untuk kamu. Kamu bisa membuat konten sosial media disela-sela kesibukan pekerjaanmu. Berbagai jenis konten bisa kamu buat dalam bentuk video, foto, ataupun audio. Biasanya content creator bekerjasama dengan brand untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk mereka melalui platform sosial media. Sehingga pendapatan content creator berupa komisi yang dibayarkan atas konten yang ditonton.
  4. Copywriter
    Copywriter atau penulis konten tugasnya menulis sebuah artikel dan mempublikasikannya di website. Selain itu ada copywriter yang bertugas untuk membuat branding atau tagline sebuah bisnis maupun produk. Copywriter dituntut untuk menguasai paling tidak 1 bahasa asing untuk memudahkan mereka dalam membuat topik sebuah tulisan. Biasanya pendapatan copywriter dihitung per artikel yang dibuat dengan jumlah kata tertentu.
  5. Digital Marketer
    Profesi digital marketer semakin banyak dicari untuk memasarkan layanan maupun produk secara online. Selain perusahaan-perusahaan besar, adapula UMKM maupun bisnis skala menengah yang membutuhkan campur tangan digital marketing untuk membantu pemasaran. Profesi ini dituntut untuk menguasai berbagai macam strategi pemasaran dan memahami email marketing, pay per click, SEO, social media, dan masih banyak lagi. Nah seorang digital marketer akan selalu memantau perkembangan statistik sebuah iklannya. Pekerjaan ini cukup menjanjikan untuk dijadikan side job kamu, apalagi jika kamu memang lebih berfokus dibidang digital marketing.

Itulah 5 rekomendasi pekerjaan sampingan yang bisa kau ambil sebagai side job kamu sebagai karyawan. Mana pekerjaan yang cocok untukmu? Jangan khawatir apabila kamu belum menguasai salah satunya. Kamu bisa mengikuti berbagai macam pelatihan untuk menambah keahlianmu. Dan sudah saatnya kamu mencoba mencari pengahasilan tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *