5 Tips Memulai Pekerjaan Sampingan Untuk Tambahan Penghasilan

Pekerjaan sampingan memang dibutuhkan oleh karyawan yang menginginkan penghasilan tambahan. Pekerjaan sampingan yang seperti apa yang cocok? Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, ada beberapa rekomendasi pekerjaan sampingan yang cocok untuk karyawan. Nah jika sebelumnya kamu belum pernah menjalani pekerjaan sampingan, sebaiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal ini :

  1. Pilih pekerjaan sampingan yang sesuai dengan bidang yang dikuasai
    Pertimbangkan pekerjaan yang memungkinkan kamu memanfaatkan keahlian yang sudah kamu miliki. Sehingga kamu benar-benar memiliki skill yang dibutuhkan, dan tidak perlu belajar dari awal. Kamu juga bisa memanfaatkan pekerjaan sampingan tersebut untuk mengembangkan skill yang kamu miliki.
  2. Buat portofolio yang menarik
    Kamu harus mendokumentasikan hasil kerja kedalam sebuah portofolio. Portofolio bertujuan untuk menarik calon client untuk melihat hasil pekerjaan atau karya terbaik kamu. Portofolio juga dapat membantu kamu dalam membangun reputasi dan kompetensimu.
  3. Tingkatkan keahlian/skill
    Kebanyakan pencari pekerjaan sampingan hanya mengandalkan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki tanpa adanya usaha meningkatkan skill. Padahal meningkatkan keahlian sangat diperlukan mengingat banyaknya pesain. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan fee yang sesuai dengan skill yang kamu miliki. Oleh karena itu, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk belajar lebih mendalam skill-skill yang belum kamu kuasai.
  4. Perluas relasi profesional
    Kamu bisa mengikuti komunitas atau jejaring media sosial yang relevan untuk memperluas relasi. Semakin banyak relasi semakin besar peluang untuk mendapatkan calon client baru. Rekomendasi dari rekan-rekan komunitas juga efektif dalam mendapatkan calon client baru.
  5. Minta testimoni client
    Jika kamu sudah mulai mengerjakan project dari client, kamu bisa meminta testimonial apabila client merasa puas dengan hasil kerja yang kamu berikan. Testimoni dan rekomendasi dari client cukup bagus untuk menarik calon client baru. Sehingga kamu lebih mudah dalam mendapatkan client baru.

Nah itu merupakan beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memulai pekerjaan sampingan. Pastikan juga pekerjaan utama kamu tidak terganggu ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *