Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias

tanaman hias

Tanaman hias semakin banyak digemari oleh masyarakat luas. Mulai dari kolektor tanaman hingga masyarakat awam yang tertarik memelihara hanya untuk memperindah dekorasi. Jika kamu tertarik untuk budidaya tanaman hias dan mencoba untuk berbinis, simak beberapa tips dari Dorandev.

Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias

  1. Pilih Jenis Tanaman Hias

    Ada banyak pilihan tanaman hias yang bisa dibudidayakan. Pilih tanaman yang cukup mudah untuk dibudidayakan dan tidak memerlukan modal yang besar. Ada 2 jenis tanaman hias yang bisa kamu pilih yaitu jenis berdaun atau dengan bunga. Contoh yang hanya berdaun adalah Monstera dan Aglaonema. Sedangkan contoh dengan bunga adalah Bunga Mawar, Bunga Anggrek, Bunga Krisan dan masih banyak lagi. Adapun jenis yang lainnya seperti Kaktus dan Succulent yang berukuran mini.

  2. Perdalam Pengetahuan

    Bisnis ini biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki hobi merawat tanaman. JIka kamu masih pemula, setelah memilih jenis tanaman kamu harus memperdalam pengetahuanmu tentang tanaman tersebut. Pengetahuan ini meliputi cara penanaman, cara perawatan, hingga cara pengembangbiakkan tanaman tersebut. Kamu juga harus mengetahui harga jual tanaman tersebut dipasaran. Sehingga kamu bisa memperkirakan harga jual tanaman kamu.

  3. Pilih Lokasi yang Tepat

    Lokasi yang potensial menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis ini, Namun kamu juga harus memperhatikan lokasi yang kamu pilih ramah dan nyaman untuk perkembangan tanaman kamu. Pertimbangkan juga area yang akan digunakan. Karena biasanya bisnis ini akan membutuhkan area yang cukup luas sebagai tempat pajangan tanaman.

  4. Opsi Penggantian Lokasi

    Jika kamu baru memulai dan belum bisa menemukan lokasi yang tepat untuk bisnis ini, kamu masih bisa memanfaatkan rumah untuk budidaya dan memulai bisnis. Apalagi jika kamu memilih jenis tanamna mini seperti Kaktus atau Succulent, ini akan lebih mudah untuk budidaya walaupun hanya dirumah saja.

  5. Gunakan Strategi Pemasaran yang Tepat

    Strategi pemasaran yang teoat akan lebih efektif dalam mengembangkan bisnis kamu. Optimalkan penggunaan sosial media pribadi kamu sebagai langkah awal promosi. Selanjutnya kamu bisa membuat sosial media khusus untuk memasarkannya.

  6. Buat Katalog Online Tanaman Hias

    Buat katalog yang dapat diakses semua orang agar lebih mengenal tanaman hias kamu dan tertarik untuk membelinya. Kamu bisa menggunakan aplikasi Jebusiness untuk membuat katalog dan memasarkan tanaman kamu. Aplikasi ini akan menjadi aplikasi eksklusif sperti milikmu sendiri. Kamu bisa custom warna tema sesuai dengan tema yang kamu inginkan agar terlihat lebih profesional dan masih banyak lagi keuntungannya.

Nah setelah kamu mengetahui beberapa tips diatas, tentunya kamu ingin segera memulai bisnis ini bukan? Yuk segera action untuk memulainya. Selamat Mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.