Strategi Hadapi Karyawan Libur di Akhir Tahun

Menjelang akhir tahun banyak karyawan yang memilih untuk mengambil cuti untuk berlibur. Biasanya karyawan mengambil cuti mulai akhir tahun sampai awal tahun baru. Hal ini tentunya dapat membuat kinerja dan produktivitas perusahaan akan menurun karena berkurangnya karyawan. Pekerjaan yang seharusnya dikerjakan 2 orang, bisa saja didelegasikan dan dirangkap oleh satu orang. Sehingga membuat pekerjaan tidak terselesaikan dengan maksimal, atau bahkan terbengkalai. Nah lalu bagaimanakah cara untuk mengantisipasi hal tersebut?

Ada beberapa strategi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat hari libur tiba. Berikut adalah cara yang bisa digunakan perusahaan untuk menghadapi karyawan libur akhir tahun.

  1. Atur Jadwal Libur di Kalender
    Setiap perusahaan bisa mengatur jadwal hari libur untuk karyawannya sebelum akhir tahun. Perusahaan bisa mengatur jadwal libur secara bergilir setiap karyawan atau divisi dengan mengutamakan karyawan dari luar kota. Dengan begitu, setiap karyawan akan mendapatkan jatah cuti atau libur secara adil dan tidak terjadi cuti serempak dari beberapa karyawan sekaligus.
  2. Delegasi Tugas dan Pekerjaan
    Sebelum karyawan cuti sebaiknya tugas dan pekerjaan penting lainnya sudah diselesaikan dengan baik. Selain itu karyawan yang akan cuti bisa membuat daftar pekerjaan yang akan didelegasikan ke anggota tim lainnya.
  3. Berikan Training untuk Karyawan Pengganti
    Dalam sebuah divisi setidaknya setiap anggota bisa meng-handle pekerjaan anggota yang lain. Hal ini dibutuhkan ketika salah satu anggota yang cuti, ijin sakit atau resign. Jadi anggota yang lain bisa mem-backup pekerjaannya. Ini juga berlaku pada saat ada karyawan yang mengambil libur di akhir tahun, produktivitas perusahaan tetap berjalan dan tidak
  4. Tawarkan Hari Libur Ganti
    Perusahaan bisa saja memberikan penawaran dengan penggantian hari libur lain. Misal karena disaat itu perusahaan sangat membutuhkan karyawan tersebut, maka perusahaan dapat mengajukan penawaran tersebut. Dengan catatan kedua belah pihak setuju dan tidak ada unsur pemaksaan.

Nah itu merupakan beberapa strategi hadapi karyawan libur di akhir tahun. Namun tergantung kebijakan dari perusahaan ya tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *