Hindari Terlambat Kerja, Berikut Cara Mudah Bangun Pagi

cara mudah bangun pagi supaya tidak terlambat masuk kerja

DoranDev – Bagi sebagian orang, bangun pagi adalah hal yang sulit untuk dilakukan. itulah sebabnya, muncul istilah ‘morning person’ yang merujuk pada seseorang yang senang bangun pagi. Lantas, bagaimana dengan orang-orang yang susah bangun pagi? Terkadang kebiasaan tersebut susah untuk diatasi dan berakibat buruk pada produktivitas. Itulah sebabnya, DoranDev punya 5 cara mudah bangun pagi yang bisa kamu tiru metodenya.

6 Cara Mudah Bangun Pagi

Susah bangun pagi berakibat pada kualitas tidur yang kurang baik. Apalagi jika seseorang memiliki kebiasaan tidur larut malam dan terbiasa bangun siang. Tubuh jadi mudah lelah dan selalu mengantuk saat bekerja. Berikut beberapa metode dan cara mudah bangun pagi yang biasa kamu pertimbangkan.

Baca juga:5 Aplikasi untuk Perusahaan, Biar Bisnis Makin Produktif!

1. Disiplin Tidur Lebih Awal!

Apa yang dimaksud dengan tidur lebih awal? Artinya, kamu harus membiasakan diri untuk tidur lebih cepat dan hindari begadang. Apabila jam tidur disesuaikan, maka kemungkinan besar seseorang akan bangun lebih cepat saat pagi hari. Caranya pun mudah, pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu 7-8 jam waktu tidur setiap harinya. Apabila kamu berminat bangun jam 5 pagi, estimasikan waktunya 7-8 jam ke belakang. Ternyata untuk tidur cukup dan bangun jam 5 pagi, kamu bisa memulai tidur pukul 10 malam.  

2. Matikan Smartphone Sebelum Tidur

Tidak dipungkiri bahwa distraksi terbesar saat seseorang hendak tidur adalah smartphone. Sebagian orang memilih untuk menghabiskan waktu cukup lama untuk streaming maupun bermain media sosial. Alhasil, otak menjadi aktif dan susah untuk terlelap sehingga menyebabkan kamu menjadi tidur larut malam. Untuk mengatasinya, cara mudah bangun pagi dapat dimulai dengan membiasakan diri mematikan perangkat digital sebelum tidur. Apakah cara ini harus diimbangi dengan kedisiplinan? Betul sekali! Kamu harus menerapkan disiplin untuk tidak bermain smartphone sebelum tidur.

3. Hindari Ngemil Saat Malam Hari

Cara mudah bangun pagi dengan menghindari Ngemil Saat Malam Hari

Ngemil atau adalah istilah yang merujuk pada aktivitas mengonsumsi makanan ringan dan dilakukan saat malam hari. Sejumlah penelitian menemukan bahwa makan camilan mendekati jam tidur berpotensi menambah tenagamu untuk terus terjaga sepanjang malam. Itulah sebabnya, hindari mengonsumsi camilan sebelum tidur dan ganti dengan minum teh chamomile yang bermanfaat memberikan rasa lelap.

Baca juga: 5 Manfaat Website Perusahaan Bagi Kelangsungan Bisnis

4. Cara Mudah Bangun Pagi dengan Berolahraga

Seseorang susah bangun pagi  karena terbiasa beraktivitas saat malam hari. Apabila cara di atas tak kunjung berhasil, kamu bisa menambah olahraga sebagai aktivitas rutin untuk mengatasi susah lelap. Selain bermanfaat untuk kesehatan, olahraga memungkinkan kamu untuk tidur lebih cepat karena rasa lelah setelah beraktivitas sehari penuh. Daripada terburu-buru mengonsumsi obat tidur, berolahraga adalah solusi paling baik yang bisa dilakukan.

5. Jangan Konsumsi Kafein!

Sebisa mungkin batasi dan hindari mengonsumsi minuman berenergi dan kafein sebelum tidur.

Seperti yang kita ketahui, seseorang akan semakin bersemangat saat beraktivitas setelah mengonsumsi minuman berenergi atau kafein. Jika sudah begitu, besar kemungkinan untuk terus beraktivitas dan mempersulit kamu untuk segera lelap. Sebisa mungkin batasi dan hindari mengonsumsi minuman berenergi dan kafein sebelum tidur.

6. Pasang Alarm

Meski terdengar sederhana, pasang alarm adalah cara mudah bangun pagi yang bisa kamu terapkan setiap harinya. Gunakan smartphone yang memiliki fitur alarm, pasang jam berapa kamu ingin bangun, dan atur volume yang memungkinkan kamu terbangun saat mendengar alarm menyala.

Baca juga: Yuk, Kenali Manfaat Portofolio Online Perusahaan dan Contohnya!

Itulah informasi mengenai cara mudah bangun pagi yang bisa kamu coba. Membiasakan diri bangun pagi memberikan manfaat, lho! Termasuk tidak terburu-buru ketika berangkat ke kantor dan tepat waktu saat absensi karyawan. Terlebih jika perusahaan menggunakan aplikasi absensi karyawan yang menuntut kamu untuk disiplin dan tepat waktu. Jika belum, Anda bisa memercayakan DoranDev untuk mengembangkan aplikasi absensi maupun kebutuhan perusahaan lainnya di bidang teknologi. Untuk informasi  produk dan pemesanan, silahkan klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *