5 Media Sosial untuk Bisnis Online, Biar Makin Laris! 

Media Sosial untuk Bisnis

DoranDev – Kemudahan dalam mengakses internet memungkinkan seseorang untuk membeli berbagai kebutuhannya secara online. Itulah sebabnya, muncul beragam e-commerce untuk berjualan. Pembeli dan penjual dipertemukan dalam satu platform untuk melakukan transaksi. Tidak hanya e-commerce, Anda juga dapat berjualan menggunakan media sosial. Selain mudah dan cepat, media sosial mendorong Anda untuk memiliki platform sendiri dalam berjualan. Apa saja contoh dan manfaatnya? Berikut contoh 5 media sosial untuk bisnis online yang bisa Anda gunakan.

5 Media Sosial untuk Bisnis Online

Awalnya, media sosial digunakan untuk keperluan pribadi, misalnya:  membagikan dan menikmati konten yang diunggah oleh setiap personal. Namun, seiring berjalannya waktu, media sosial juga menyediakan fitur bisnis yang memungkinkan seseorang untuk berjualan secara optimal. Sehingga media sosial secara khusus juga bisa digunakan untuk menjalankan usaha. Apa saja contoh media sosial untuk keperluan bisnis online? Berikut ulasannya!

1. Facebook 

Dibandingkan dengan media sosial yang lain, Facebook termasuk salah satu platform yang hadir sejak lama. Didirikan oleh Mark Zuckerberg, yang secara khusus merubah nama induk perusahaannya menjadi Metaverse, Facebook dilaporkan pernah meraup keuntungan $21,4 juta hingga total $78,9 juta di tahun 2020. 

Lantas, darimana sumber pemasukan terbesar Facebook? Tentu saja dari Facebook Ads, yaitu fitur yang memungkinkan Anda untuk memasang iklan di Facebook. Anda bisa memasang materi iklan yang berisikan produk yang tengah Anda tawarkan. Itulah sebabnya, Facebook masuk sebagai salah satu rekomendasi media sosial untuk  usaha online yang bisa Anda manfaatkan.

Baca juga: “5 Manfaat Website Perusahaan Bagi Kelangsungan Bisnis”

2. Instagram 

Selain Facebook, Instagram juga tidak kalah keren digunakan sebagai media berbisnis. Saking populernya, bisa dikatakan Instagram hampir dimiliki oleh semua orang. Tak terkecuali bagi remaja hingga paruh baya. Apa fitur andalan yang ditawarkan Instagram? Anda bisa mengunggah foto, video, reels (video pendek), hingga Instagram TV. 

Anda juga bisa melakukan live streaming dan memasang iklan! Karena pengguna Instagram ada banyak dan beragam, Anda bisa menentukan audiences, siapakah yang akan menjadi target produk Anda? Sehingga konten yang diposting sudah disesuaikan terlebih dahulu. Selain itu, Instagram merupakan platform yang sangat direkomendasikan untuk berinteraksi dengan para pelanggan.

3. Twitter

Apa yang bisa dilakukan Twitter sebagai media sosial untuk bisnis online?

Apa yang bisa dilakukan Twitter sebagai media sosial untuk bisnis online? Namun sebelum itu, kenali terlebih dahulu karakteristik Twitter itu sendiri. Platform tersebut digunakan oleh semua orang, dari berbagai latar belakang dan profesi untuk melampirkan pendapat, humor, hingga berita terbaru. 

Lantas, bagaimana cara menggunakan Twitter untuk melakukan pemasaran? Anda dapat memulainya dengan membuat konten yang relevan dengan produk yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga bisa menghampiri calon pembeli secara langsung, dengan menggunakan fitur mention dan tagar. 

Baca juga: “5 Aplikasi untuk Perusahaan, Biar Bisnis Makin Produktif”

4. LinkedIn

Sekilas muncul pertanyaan, apakah Linkedin adalah media sosial untuk bisnis online? Memang betul Linkedin merupakan media sosial untuk ranah professional, seperti: profil pencari kerja, informasi lowongan kerja, hingga platform bagi perusahaan untuk menunjukkan identitasnya. Nah, hal yang sama bisa Anda lakukan apabila Anda memiliki perusahaan maupun brand untuk memperluas jaringan. Buat profil yang memuat perusahaan maupun brand di Linkedin. Gunakan platform tersebut untuk membagikan informasi internal kepada banyak orang secara professional. 

5. YouTube

Seperti yang sudah kita ketahui, Youtube merupakan platform berbasis video yang juga populer dan digunakan oleh banyak orang. Dengan Youtube, Anda dapat membuat channel yang diisi dengan konten video yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan. Misalnya, video yang berisikan informasi produk yang dapat dibagikan secara langsung kepada penonton. Itulah sebabnya, Youtube termasuk salah satu media sosial untuk bisnis online yang efektif dan cukup membantu. 

Baca juga: “6 Manfaat Aplikasi Absensi Karyawan untuk Perusahaan”

Itulah informasi mengenai media sosial untuk bisnis online, Anda bisa memulainya secara bertahap seiring dengan perkembangan usaha yang sedang dijalankan. Selain media sosial, bisnis online juga membutuhkan blog, website, portofolio perusahaan, hingga aplikasi untuk mempermudah transaksi dan pemasaran. 

Anda bingung dan membutuhkan  jasa untuk membuat aplikasi dan website? Anda bisa menghubungi kami di DoranDev! Kami siap menyediakan kebutuhan bisnis Anda. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *